Satpol PP Tertibkan Pedagang Ikan Pasar Pusong

Petugas Satpol PP dan WH Kota Lhokseumawe membongkar lapak lapak para pedagang ikan di Pasar Ikan Pusong Lhokseumawe @analisa

Petugas Satpol PP dan WH Kota Lhokseumawe membongkar lapak lapak para pedagang ikan di Pasar Ikan Pusong Lhokseumawe @analisa
Petugas Satpol PP dan WH Kota Lhokseumawe membongkar lapak lapak para pedagang ikan di Pasar Ikan Pusong Lhokseumawe @analisa

Lhokseumawe, (Aceh Portal) - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Lhokseumawe kembali menertibkan puluhan pedagang ikan yang menggelar dagangan di sisi jalan di depan Pasar Ikan Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Kamis (7/4).

Penertiban tersebut dilakukan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan dibantu aparat gabungan TNI dan Polri untuk menciptakan lokasi pasar tersebut lebih rapi dan tertata dengan baik serta mengantisipasi pemandangan semrawut.

Kepala Disperindagkop Kota Lhokseumawe, Halimudin mengungkapkan, sebelum melakukan penertiban di lokasi tersebut pihaknya sudah memberikan surat pemberitahuan kepada pedagang agar pindah dan menempati lokasi pasar yang disediakan. Namun, sampai batas waktu yang ditentukan, pedagang belum pindah dan terpaksa dilakukan penertiban.

“Surat pemberitahuan sudah kita layangkan, pendekatan persuasif juga sudah dilakukan dan pedagang berjanji akan pindah, tetapi pada kenyataannya tidak, untuk itu kita lakukan penertiban,” ujarnya seraya menyebutkan pelaksanaan penertiban lancar dan berjalan kondusif.

Disebutkan, untuk menunjang pedagang agar menempati bangunan pasar ikan yang baru selesai dibangun pasca terbakar beberapa tahun silam, Diperindagkop juga menyatakan akan melengkapi beberapa sarana pendukung lain seperti permintaan pedagang, baik ketersediaan jaringan listrik maupun saluran drainase yang tersumbat.

“Secepat mungkin kita akan prioritaskan seperti permintaan pedagang seperti instalasi listrik kita sudah koordinasikan dengan PLN untuk segera melakukan pemasangan dan untuk saluran drainase tersumbat juga sudah berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) untuk dibersihkan,” terangnya.

Sementara untuk ketertiban para pedagang di pasar tersebut pihaknya juga akan menempatkan empat personel Satpol PP.

Kasat Pol PP dan WH Kota Lhokseumawe, Irsyadi SSos mengungkapkan lokasi yang selama ini digunakan pedagang ikan tersebut sudah dikosongkan dan selanjutnya akan dijadikan area parkir kendaraan yang dikelola Dinas Perhubungan.

“Kalau sudah tertata rapi dan tidak kumuh, para pembeli akan nyaman bila datang ke pasar,” tutupnya.

Sumber: Analisa

Komentar

Loading...