Kejari Meulaboh Musnahkan Barang Bukti Perkara

Aceh Portal@pemusnahan barang bukti di Kejari Aceh Barat

Aceh Portal@pemusnahan barang bukti di Kejari Aceh Barat
Aceh Portal@pemusnahan barang bukti di Kejari Aceh Barat

Aceh Portal - Meulaboh

Kejaksaan Negeri Meulaboh (Kejari) memusnahkan sejumlah barang bukti perkara selama tahun 2015 dan 2016. Barang bukti yang dimusnahkan diantaranya, sabu, ganja, minuman keras (miras), batu domino, gunting, dan lainnya.

Pemusnahan dipimpin langsung Kepala Kejari Aceh Barat, Ahmad Sahruddin, pada Rabu (24/2) sekitar pukul 10.30 Wib, di halaman Kantor Kejari Meulaboh.

Acara pemusnahan barang bukti tersebut disaksikan oleh berbagai pihak dan instansi terkait, yaitu perwakakilan Bupati Aceh Barat, Asisten I Teuku Nofrizal, Kalapas Aceh Barat Jumadi, Muspida, Camat Johan Pahlawan, dan sejumlah Polisi, TNI, dan Masyarakat.

Kajari Ahmad Sahruddin menjelaskan, barang bukti yang dimusnanahkan itu berasal dari berbagai macam perkara. Pemusnahan ini telah mempunyai kekuatan hukum tetap, baik dari Pengadilan Meulaboh, Mahkamah Syar’iyah, Pengadilan Tinggi Aceh, maupun Mahkamah Agung RI.

Dikatakan, keseluruhan barang bukti tersebut, pemusnahannya dilakukan dengan cara dibakar sampai habis, dan tidak dapat pergunakan lagi. Sedangkan seperti bukti perkara Jinaiyah seperti Khamar, yaitu empat kardus minuman keras dari berbagai merek dimusnahkan dengan cara memecahkan botolnya.
Ia menjelaskan, jumlah barang bukti perkara kasus terbanyak yaitu jenis Narkotika, berupa ganja sebanyak 56 kilo gram (Kg) terdiri 14 kasus. selain itu, bukti lainnya itu seperti, sabu 36,22 gram, terdiri 37 kasus. (put)

Komentar

Loading...