Wabup Pidie Resmikan SMP Berbasis Pesantren

Wabup Pidie Resmikan SMP Berbasis Pesantren/aceh portal

Wabup Pidie Resmikan SMP Berbasis Pesantren/aceh portal
Wabup Pidie Resmikan SMP Berbasis Pesantren/aceh portal

Aceh Portal – Pidie

Wakil Bupati Pidie M. Iriawan SE, Senin (9/2/2016) meresmikan Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren (SMP-BP) di Dayah Nurul Huda Tgk Chik Reung Reung yang terletak di Gampong Reung Reung, Kecamatan Kembang Tanjong, Kabupaten Pidie.

Wakil Bupati M. Iriawan mengatakan, pihaknya mengapresiasi berdirinya sebuah sekolah umum berbasis ilmu agama Islam. “Ini pertama kali sekolah berbasis pesantren hadir di Pidie,”ujar Wabup, kemarin.

Dengan berdirinya sekolah berbasis ilmu agama ini, kata Iriawan, anak-anak di Pidie nantinya bisa menjadi manusia yang berkepribadian Islami.

Lebih lanjut, Ia menyatakan, SMP-BP ini harus dapat menerapkan perpaduan kurikulum pendidikan umum dengan kurikulum pendidikan dayah dan dijadikan muatan lokal berbasis Islam, serta adat istiadat Aceh.

"Kami berharap dengan berdirinya sekolah berbasis ilmu agama ini, nantinya anak-anak di Pidie menjadi manusia yang berkepribadian Islami serta terciptanya generasi yang handal dibidang ilmu agama,"ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Nurul Huda Tgk Chik Reung Reung, Said Ilyas mengatakan, pendidikan SMP berbasis pesantren ini bertujuan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Pidie, dalam mencerdaskan anak bangsa serta menciptakan generasi yang berkualitas baik di ilmu pendidikan, dan ilmu agama.

"Kita semua memiliki tanggung jawab dalam membimbing dan mendidik generasi muda yang Islami, sehingga mereka kedepan bisa menjadi generasi penerus yang mengerti tentang pengetahuan agama,”ujarnya.

Selain itu, tambah Said, sekolah ini juga sebagai upaya untuk menyelamatkan generasi islam dari pengaruh buruk era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang berkembang saat ini.

"Siswa akan dididik oleh tenaga pengajar yang telah berkompeten dari alumni dayah terkemuka di Aceh yang lulus sarjana,"ungkapnya.

Turut hadir dalam peresmian SMP Berbasis Pesantren itu, Kepala Dinas Pendidikan Pidie, Murtalamuddin Spd. Mpd, Kepala Dinas BMCK Pidie, dan Muhammad Nazar ST, serta undangan lainnya.(ra)

Komentar

Loading...